Tuesday, October 7, 2008

Tipe Casting dalam VB 2005

Type Casting

Pengisian nilai pada suatu nilai variabel terkadang berasal dari variabel yang bertipe data berbeda. Jika terjadi perbedaan tipe data pada operasi assignment, maka terjadilah proses yang dinamakan dengan konversi atau type casting. Konversi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

- Implicit Conversion

Konversi ini dilakukan secara otomatis pada saat runtime. Terjadi ketika melakukan konversi dari tipe data yang ukurannya lebih kecil ke tipe data yang ukurannya lebih besar. Misalnya dari tipe data byte ke integer, dari tipe data single ke double, contoh:

Dim length1 as byte

Dim length2 as byte

length1=4

length2=length1


- Explicit Conversion

Konversi ini dilakukan dengan memakai fungsi-fungsi yang telah disediakan. Konversi ini terjadi ketika melakukan konversi ke tipe data yang tidak sejenis atau dari tipe data yang berukuran besar ke tipe yang berukuran lebih kecil. Contohnya dari tipe data String ke tipe data Integer. Berikut ini daftar fungsi konversi: Cbool(), CDbl(), Cbyte(), CInt(), dan lainnya.


Selain fungsi yang disebutkan diatas, ada fungsi yang dapat mengkonversi suatu nilai menjadi tipe data apa saja yaitu CType().

Syntaks:

                   CType(<Nilai>,<Tipe Data Tujuan>)

Contoh:

Dim strWidth as String

Dim Width as String

strWidth="4"

Width=CType(width,Integer)

No comments: