Thursday, October 9, 2008

Selection

Selection
Selection atau pemilihan digunakan untuk mengendalikan proses program agar tidak semua statement dikerjakan, hanya jika memenuhi kondisi maka statement tersebut dikerjakan. untuk selection ini disediakan 2 macam, yaitu IF else dan switch

IF Else statement mempunyai beberapa bentuk:
1. bentuk pertama
if (kondisi) statement;
pada bentuk ini, hanya ada satu kondisi saja yang akan dicek. jIka kondisi benar, maka statement akan dikerjakan. Contoh perhitungan gaji, hanya jika jumlahanak lebih dari 2 maka gaji akan ditambah 3 persen.

...
if (jumlahanak>2) gaji=gaji+0.03*gaji;
...

Jika statement yang ingin dilakukan lebih dari satu, maka harus meletakkannya ke dalam blok kurung kurawal
...
if (jumlahanak>2)
{
gaji=gaji+0.03*gaji;
cout<<"Jumlah anak > 2, anda mendapat tunjangan";
}
...


2. Bentuk kedua
if (kondisi)
statement;
else
statement;

Statement if-else akan memproses statement setelah if jika kondisi yang diseleksi bernilai benar dan sebaliknya akan memproses statement setelah else jika kondisi bernilai salah.


3. Bentuk ketiga
if (kondisi1)
statement1;
else if (kondisi2)
statement2;
...
else
statementn;


bentuk ini digunakan jika terdapat lebih dari 2 kondisi. Penyeleksian akan dilakukan mulai kondisi pertama (kondisi1). Jika kondisi1 bernilai benar, maka statement1 akan dikerjakan dan proses penyeleksian akan dihentikan. Namun Jika kondisi1 bernilai salah makan proses penyeleksian akan dilanjutkan ke kondisi2, jika kondisi 2 bernilai benar maka statement 2 akan dikerjakan. Jika kondisi2 masih bernilai salah maka dilanjutkan ke kondisi berikutnya. jika tidak ada kondisi yang bernilai benar, maka statement setelah else yang akan dilakukan.

Switch Case
Statement switch biasa digunakan untuk membandingkan satu variabel yang memiliki beberapa nilai. bentuknya sebagai berikut:
switch (variabel)
{
case a:
statement1;
break;
case b:
statement2;
break;
case c:
statement3;
break;
default : statement;
}

Perbandingan dimulai dari nilai1, apakah nilai dari variabel bernilai a, jika ya maka statement1 akan dikerjakan, jika nilai dari variabel bernilai b, maka statement2 akan dikerjakan, jika nilai dari variabel bernilai c, maka statement3 akan dikerjakan, jika variabel tidak sesuai dengan nilai a-c maka statement setelah kata default yang akan dilaksanakan.

No comments: