Monday, November 3, 2008

Animasi di VB 2005 Console Application

Prinsip Animasi
Pembuatan program animasi dengan menggunakan program VB 2005 console application sebenarnya sangat sederhana. Prinsip animasi sebenarnya adalah proses mencetak sesuatu karakter dilayar pada titik tertentu kemudian dalam selang beberapa detik terjadi proses hapus atau mencetak spasi sehingga karakter tersebut seolah-olah bergerak. Di dalam VB 2005 console Application, untuk mencetak karakter dilayar pada titik x,y maka digunakan syntax Console.CursorLeft = nilaititikx dan Console.CursorTop = y. Syntax ini digunakan untuk mengarahkan kursor supaya berada pada titik x,y yang telah ditentukan. Sehingga ketika suatu karakter ingin dicetak dilayar, selalu dicetak dimana posisi kursor tersebut. Untuk satu titik didalam VB 2005 Console Application hanya boleh ditempati oleh satu huruf (satuan yang digunakan adalah huruf). Sebenarnya satuan yang digunakan bukan hanya huruf masih ada satuan lain seperti pixel namun yang dibahas pada bagian ini ada khusus untuk satuan huruf.
Titik x mewakilkan kolom sedangkan y mewakilkan baris pada layar. Banyak kolom secara default ada 80 huruf dan baris sebanyak 25 baris.

Statement yang digunakan untuk Animasi
- System.Threading.Thread.Sleep(var); statement ini hampir sama dengan statement delay pada program C++ ataupun pascal. Statement ini digunakan untuk menunda proses eksekusi program selama beberapa milidetik. Atau dengan kata lain program akan menunda proses eksekusi selama beberapa milidetik.
- Rnd; digunakan untuk mengacak angka. Pada program ini, statement rnd digunakan untuk mengacak angka dimana angka acak yang dihasilkan mengarah kepada titik x ataupun y pada layar. Dan angka tersebut nantinya akan menentukan dimana karakter tersebut akan dicetak.
- do Until kondisi loop; Tanpa statement perulangan maka program animasi tidak berjalan seperti yang kita harapkan. Kondisi dari statement perulangan yang kita gunakan untuk program ini adalah Console.KeyAvailable = True. Yang artinya selama tidak ada penekanan tombol dari keyboard maka semua statement yang berada didalam do until kondisi .... loop akan dikerjakan secara berulang-ulang.

Untuk melihat salah satu contoh program animasi dengan VB 2005 dapat di download dari link animasi.

No comments: